Selasa, 20 Mei 2008

Vampirology 101

Sejak insomnia ini mulai mendera jiwa(akah!) Entah mengapa Ten Ryu jadi agak tertarik sama yang namanya 'vempaiyer' (vampire getoh...) mungkin kami sebangsa? (he??)

Well, What iz vampire?? Iz it really exizt? Zose blood-sucking human-like-monsters adalah makhluk malam legendaris yang terkenal dan dipopulerkan oleh om Bram Stocker. Makhluk mistis yang mampu mengubah diri jadi kalelawar, tikus, kabut, anjing en makhluk malam lainnya, memiliki kekuatan yang luar biasa, gak punya bayangan, bisa merayap di tembok kayak spiderman, terlebih lagi dia nyaris abadi... kalo gak dibunuh... oleh om Van helsing. (neraka bernyanyi? akah!) Vampir juga dikabarkan takut dengan bawang putih, salib kaum Kristiani, air suci, mawar liar dan hawthorn (taneman apaan yak? ada yang bisa kasi tau??).

Sebenernya banyak makhluk ajaib bin mengerikan yang ada, tapi kenapa 'vempaiyer' ini yang Ten Ryu sebut2?? Mungkin makhluk malam ini memiliki kharisma yang agak terkesan elegan karena cuma bisa masuk rumah orang lain setelah diundang oleh tuan rumahnya.... (WTF?!)

Hmm... Tau gak kalo sebenernya ada banyak kisah lain tentang peminum darah (True story lowh!!). Salah satunya adalah seorang cewek bernama Elizabeth Bathory yang mendirikan sebuah sekolah etika bangsawan yang ternyata merupakan tempatnya membunuh, meminum darah dan mandi darah para muridnya untuk mendapatkan kemudaan dan kecantikan... (HOEK!!! ZIZAY!!!) dan ada beberapa nama lagi seperti Peter Kurten dan Richard Trenton. (meski tidak separah Elizabeth Bathory tapi mereka itu pembunuh massal) :p

Eniwei, mengapa kisah vampire bisa muncul di masyarakat? Apa yang membentuk kepercayaan adanya vampir ini di masa lalu? ada beberapa penjelasan yaitu:

#1 pembusukan mayat... (HIII!!!!)
pada dasarnya seorang manusia yang sudah mati akan pembusukan yang terjadi dalam kurun waktu yang berbeda2 tergantung suhu udara, kelembaban udara di bawah tanah tempat penguburan dan kondisi mayat itu sendiri.
Pada masa awal2 dikubur, mayat akan membengkak dan akan terlihat lebih gemuk karena ada tekanan pada pembuluh darah oleh gas2 hasil dekomposisi (orang jaman dulu pikir mayatna masih makan setelah dikubur). Hal ini juga menyebabkan darah mungkin keluar dari hidung dan mulut karena tekanan darah memecahkan pembuluh darah (yang disangka bekas ngisap darah). Juga gusi dan kulit akan mengerut yang mengakibatkan orang2 mengira kuku dan gigi mayat bertambah panjang. (wekekeke... how convenient for a horror story.) Gas di dalam mayat ini menyebabkan mayat yang ditusuk daerah perut(jantung)nya akan bersuara seperti bersendawa karena gas lewat dari saluran pernapasan dan mungkin ada suara kentut kalau gas keluar dari anus. (orang pikir itu suara vampir yang kesakitan sebelum mati) wekekekek... pas banget getoh, bikin orang mikir macem2 aja...:D

#2 Premature burial (Yu-Gi-Oh?)
ada peti mati mengeluarkan suara dan begitu peti mati itu dibuka beberapa hari kemudian ternyata mayat telah meninggalkan bekas cakaran di tutup peti mati... yang ternyata dikarenakan orang mati suri yang dikuburkan dan bangkit setelah beberapa hari, berteriak dan memukul2/mencakar tutup peti untuk berusaha keluar tapi sia2. Penggalian beberapa hari kemudian akan membuat penggali menemukan mayat yang diduga vampir karena banyak manusia yang tidak mampu bertahan hidup tanpa makan dan minum untuk waktu yang agak lama. (This one is hillarious)

#3 Rabies
Seorang yang terkena rabies kronis mungkin akan memiliki gejala takut cahaya, benci bawang putih, suka menggigit (yang mengakibatkan tertularnya korban gigit), pendarahan di sekitar mulut dan mengalami perubahan jam tidur. (Weqz!!! VAMPIR BANGET!!!)

oiya, ada juga kastil Vlad Dracul di Transylvania yang konon katanya memang dulu dimiliki dan dihuni oleh Count Vlad Dracula, Vampir yang terkenal itu!! Jadi kepingin coba nginep di sanah... kyaaaa!! ^^

humm... kalo ngomong drakula jadi inget werewolf... mungkin nanti Ten Ryu bahas di posting laen kalo mood... =)

"Devils born from human's imagination and vanish when forgotten because there's no such thing"

1 komentar:

Aldo aka der Hund mengatakan...

ngomong2 ttg Transylvania,gw deket thu dr sana...XD

ntar jalan2 ah ke sana...alah