Senin, 19 Mei 2008

Soul of the Pure :)

pure. murni. apakah murni itu? murni berarti 100%. Menurut Ten Ryu, kata 'murni' agak menarik karena misal aja kita punya emas murni dan kemudian kita campurkan sedikit besi ke dalamnya sehingga terbentuk 90% emas dan 10% besi. Besi di sini merupakan elemen yang menyebabkan ketidakmurnian, tapi jika kita memiliki 100% besi, maka besi itu murni. understand what I mean?

Purity is determined objectively, not subjectively. bukan 'karena emas maka logam itu murni' tapi lebih kepada 'karena murni maka dia murni apapun dia itu'. Murni juga tidak berarti 'baik' dan 'buruk'. Seandainya seorang mengatakan tahu perbedaan baik dan buruk, kita bisa mengatakan kalau orang itu 'tidak murni'. Why? untuk mengetahui 'baik' dan 'buruk', paling tidak kita harus mengetahui apa itu 'baik' dan 'buruk'. Tapi tentunya kata 'baik' dan 'buruk' itu sendiri juga relatif. (wew... this world is like that... confusing...)

Ten Ryu seringkali melihat kalau para pemimpin sejati itu adalah 'murni' terlepas dari 'baik' dan 'buruk'nya pandangan dunia terhadap orang tersebut. misal saja Hitler. Orang ini bisa saja dikatakan psyco ato maniak oleh orang yang tidak mengerti jalan pikirannya. tapi bagi seorang NAZI mungkin dia adalah seorang yang berpegang teguh pada prinsip dan kepercayaannya begitu kuat sampai ia mampu melakukan pembunuhan tanpa penyesalan atau berkedip saat melakukannya. (Penyesalan di sini tidak ada karena ia hanya tahu apa yang dilakukannya itu adalah 'yang seharusnya') He is pure evil but on the other hand, he is not at fault of his action because he only did what he think is 'right'. (killing is wrong no matter the reason, right? nope, it is people's opinion that made 'killing' is 'wrong')

So the thing is... purity and action is objective but the 'right' and 'wrong' is the subjective one. Kalo kita memberontak dan menang, maka kita akan menjadi yang benar karena sejarah akan menuliskan kita sebagai 'pembebas' sementara jika kita kalah, sejarah akan menuliskan kita sebagai 'pemberontak'. This so-called history we know right now is a not written objectively huh?

"In the end, there are no 'right' or 'wrong' in this world. 'The Righteous one' is the title given to the victor of a war that will be told in history." -Ten Ryu

"No matter how holy or evil you are, when your brain stops, it means that you're dead" -Ten Ryu

Tidak ada komentar: