Kamis, 05 Juni 2008

Heaven's Rule

Terkadang Ten Ryu melihat ke cermin dan berpikir:

manusia. apakah manusia ituh?? Manusia merupakan sebuah makhluk tertinggi ciptaan Tuhan, manusia pertama bernama Adam dan pasangannya bernama Hawa. Adam dan Hawa terus berkembang biak dan pada akhirnya anak dan cucu mereka berpencar ke seluruh dunia sesuai dengan perintah Tuhan.

Barusan merupakan sebuah argumen yang kurang lebih dipercaya oleh kebanyakan manusia di dunia. Tapi ada lagi argumen yang lain.

Manusia. apakah manusia ituh?? Manusia merupakan evolusi dari kera yang sekarang ini telah memiliki volume otak terbesar yang mengakibatkan manusia memiliki tingkat inteligensi tertinggi di bumi yang membuatnya mampu mendominasi makhluk lain bahkan planet itu sendiri.

Dan dari kedua argumen tersebut, Ten Ryu melihat 2 hal yang kontras yaitu Sains dan Religi. Hidup kita sekarang merupakan bentukan dari 2 hal tersebut dan keduanya bertentangan. Agama yang menganggap manusia makhluk tertinggi menunjukkan kesombongan manusia, sedangkan manusia sebagai homo sapien menunjukkan bahwa kita tidak lebih dari binatang berinteligensi yang bisa dibilang kalau pandangan ini rendah hati.

Agama memiliki banyak pengikut dan banyak dari mereka yang rela mati dalam perang, karena diserang oleh agama lain (yang notabene sumber ajarannya sama) dengan tujuan menyelamatkan kaum yang mereka serang ataupun melindungi kaum mereka. Sains dapat dengan gamblang menyebutkan bahwa manusia itu sama meskipun memiliki ras yang berbeda karena kondisi geografi and that's it. Sains tidak membuat manusia mempertahankan apapun dan menerima perbedaan kategori yang tidak membuat mereka berbeda di antara sesamanya.

Some people says that 'religion is the border of science so that people won't go astray'. Tapi bukankah kita punya hati nurani untuk menentukan baik dan buruk? if it's just a border then we (at least me) won't need it! Sains juga melakukan banyak kesalahan seperti Hiroshima-Nagasaki Bombing dan Chernobyl incident yang masih kita ingat sampai sekarang. Apakah sebenarnya keberadaan 'Tuhan' yang sejak lama menjadi 'tokoh mutlak' yang disembah oleh manusia itu? Banyak kaum yang muncul karena ketidak-puasan mereka akan 'kerja Tuhan' ini sampai membentuk banyak aliran seperti gnostic, atheism bahkan gereja setan. Apakah keberadaan 'Tuhan' sama dengan UFO ataupun hantu yang ada karena dipikirkan manusia? Ataukah manusia telah mengetahui pengetahuan yang tidak seharusnya mereka ketahui seperti orang buta yang mengetahui keberadaan bulan? -> maksudnya orang buta tidak mungkin tahu keberadaan bulan yang hanya bisa dilihat mata kecuali diberitahu orang lain.



'Ask and you'll be given... yeah right...' -Ten Ryu
'You shall be as Gods' Xenogears

Tidak ada komentar: