Jumat, 25 Juli 2008

Mystery Arround the world

Misteri merupakan segala macam bentuk ketidaktahuan yang dimiliki manusia, lawannya adalah pengetahuan ato knowledge dan logika alias common sense. Meskipun banyak orang juga menggunakan kepercayaan mereka untuk menjawab misteri ini, karena memang kepercayaan dibuat untuk menjadi jawaban sementara untuk berbagai macam misteri.

Di zaman teknologi yang KONON semuanya logis ini, semua masalah cenderung bisa diselesaikan dengan mudah asal mau mikir kecuali masalah milik para ilmuwan ato mahasiswa yang meski dipikirin sampe botak juga kadang2 kaga keluar juga jawabannya sampe waktu ujian/deadline abis. Logis di sini juga berarti kaga pake perasaan sehingga logika terkadang kurang begitu cocok digunakan untuk masalah antar manusia. Contoh aja masalah asmara ataupun pertemanan... duh malah kayak ramalan zodiak. *akah*

Tapi meskipun dengan majunya teknologi yang begitu pesat dan logis, masih saja banyak misteri yang tidak terungkap seperti yang baru2 ini kedokteran Indo dikejutkan dengan seorang wanita yang dari perutnya muncul kawat2 mencuat *bulu kuduk en ketek berdiri* tanpa sebab yang jelas (katanya sih udah kutukan buat yang lahir tanggal tertentu di desa tsb... hi!). Lalu banyak penyakit kanker, lumpuh ataupun penyakit parah lainnya yang lenyap begitu saja kayak gak pernah terjadi.

hurrah for miracle! banzai! banzai!! *angkat tangan ke atas!!*

International mysteries like Pharaoh's Tomb: the Pyramid yang konon memiliki kutukan bagi siapapun yang berani macem2 di sana, kota tenggelam yang hilang di dalam laut kayak peradaban Atlantis en Lemuria, lalu ada lagi ilmu santet di Indonesia yang konon manjur (katanya loh... Ten Ryu tantang para dukun santet untuk santet Ten Ryu! Muahahaha! Saia akan gigid kalian dengan taring saia!!) and the biggest mystery of all: the entity of one supreme and ultimate existance which we called 'God(s)'. O_o

Logika dan ilmu pengetahuan merupakan senjata manusia untuk melawan misteri ini. Misteri misteri tentang daerah angker yang ternyata menyembunyikan sebuah lahan yang amat subur (misalnya loh...) atau letusan gunung berapi yang konon merupakan kemarahan para dewa gunung sekarang ini juga bisa dilihat sebagai aktivitas vulkanis. Ada pula takhayul dari negri barat tentang membuang garam, jalan di bawah tangga, kucing hitam, Werewulp, Vempaiyer (yang bahkan ada kastilnya!), angka 13 dan hari jumat yang membawa kemalangan untuk yang percaya... oops! almost forgot! Voodoo doll! sebuah boneka mistik yang bisa membuat orang yang dipengaruhi merasa perlakuan yang sama dengan perlakuan yang dialami boneka (Ten Ryu's favourite mystical item!!). Not in the west and not in the east, this world is full of superstitious ,ne? :D

Meskipun 'misteri' hampir selalu memiliki alasan yang tidak berdasar, tapi banyak dari mereka diabadikan dalam bentuk literatur, cerita-cerita, mitologi dan legenda yang diturunkan dari sebuah suku ataupun keluarga untuk dijadikan alat untuk mendidik anak2 mereka. So, all is well in the end (I hope). :)

Well, aside all that apa yah yang kira2 terjadi nanti? apakah karena perkembangan IPTEK maka tidak ada lagi legenda, mitos dan misteri yang akan muncul? Apakah literatur dan legenda2 tidak akan muncul lagi di masa depan? Atau malah semakin banyak? time will tell. :)

-I am so clever that sometimes I don't understand a single word of
what I am saying. - Oscar Wilde
-When you're as great as I am, it's hard to be humble. - Muhammed Ali
-I wish I had a Kryptonite cross, because then you could keep both
Dracula and Superman away. - Jack Handey

2 komentar:

Anonim mengatakan...

perkembangan IPTEK memang sangat pesat buat manusia. Tapi ada hal2 diluar pikiran manusia yang belum mampu dijelaskan, especially klo sudah berhubungan sama spiritualitas manusia.

Kalau sudah begini, kita sebenarnya ngeliat juga ada ilmu2 yang mempelajari manusia dalam hubungannya dengan manusia lain dan ada juga manusia dengan hal2 diluar manusia itu sendiri. Ada hal2 yang bisa manusia kontrol ada juga yang tidak.

Tapi namanya juga manusia yang serba ingin tahu. Bisa saja suatu saat misteri itu terungkap.

Hanya saja, menurut saya misteri itu kadang2 memang diperlukan. Tak semua hal didunia ini ada jawabannya. Dan misteri2 itu adalah kekayaan ilmu pengetahuan yang tak terbatas/heritage yang akan terus diceritakan dari generasi ke generasi. Misteri2 itu juga menyadarkan kalau manusia itu tidak boleh sombong karena menganggap sudah tahu segala sesuatunya.

Bomon mengatakan...

kyahaha, hisashiburi da-nee~ Ten-chan XD~.. lm ga komen saia. ohouhou

em, kl mnurut gw.. sebnernya hanya SEDIKIT skali misteri2 itu yang dipecahkan manusia seiring perkembangan zaman dan teknologi.

soalnya, kalo gw liat2, kebanyakan misteri2 tsb dijawab dengan manusia, HANYA dengan jawaban yang bersifat Theoretical, skeptis dan intuitif aja.

Sure, memang ada jawaban yang dibuat berdasarkan penelitian, BUT then, another question arise, apakah penelitian itu VALID dan ADEQUATE buat membuktikan hal itu? dan ternyata, seringkali penelitian itu tidak 100 % disetujui oleh org kebanyakan. Penelitian yang disetujui dan dipake buat hal ini juga dpt diblg sedikit, kalo dihitung dari pertama munculnya teori yang disetujui.

Contoh gampanknya aja, waktu dlu, pernah donk pasti di kimia belajar yang namanya ATOM. di buku paketnya, ditulis kalo atom ada 4 model dan skrg ada model baru bla bla bla, iy kan? tp apakah mereka ACTUALLY pernah melihat secara konkret bentuk atom itu sendiri? setau gw sampe saat ini, model2 atom itu masih purely theoretical. Bahkan skrg aja, there even a doubt arising between teori geosentris dan heliosentris, isn't it?

tapi, don't u think that those mysteries make the world much more interesting to live in? XD~~ *gyahaha* oh, at least i do ^x^