Rabu, 03 Desember 2008

Meaning of Punishment

Hukuman merupakan sebuah kata yang mungkin banyak orang jauhi, pasalnya siapa sih yang mau kena hukuman? banyak yang lari malah... Sekarang ini di Indonesia, hukuman paling berat adalah hukuman tembak mati yang dikatakan paling 'manusiawi' dibanding hukuman berat sadis setingkat yang lain meskipun tidak sampai menghilangkan nyawa. (yang mungkin sering Ten Ryu sebut 'Goreng tangan')

Tapi jika kita lihat tujuan sebenarnya dari hukuman, hukuman mati merupakan sebuah hukuman yang paling tidak bisa diterima (namun goreng tangan masih bisa *kyaaa* mengapa saia jadi suka frase 'goreng tangan'?? O_o). Karena sebagai salah satu dari orang yang pernah melakukan kesalahan besar, Ten Ryu bisa mengatakan kalo dihukum dan dibebaskan itu lebih sengsara karena kesalahan itu tetap kita tanggung dalam diri kita sampai akhir hayat (duh bahasanya...) Sehingga tidak heran banyak orang bunuh diri sebelum mendapatkan hukuman meskipun hukumannya bukan hukuman mati karena konon, hidup dengan penuh rasa malu itu lebih menakutkan daripada mati (meskipun menurut saia ada banyak yang lebih menyeramkan daripada hidup penuh rasa malu hehehe...)

The right punishment should give the punished the feeling of freedom of guilt (in case the heart is still there) and a trauma so that people will not do the same mistake in his/her life. A true punishment shall engrave deeply of the consequence of the act of the guilt one deep into his/her thought. singkat kata, hukuman itu bertujuan buat bikin si bersalah kapok period, tambahan lain mungkin akan digunakan pihak2 tertentu untuk mengambil keuntungan. And also, i think the sentence of death is not for humans to decide. don't you agree? ;D


'U itu bales dendam apa menghukum?' -Ten Ryu

2 komentar:

chiharunosekai mengatakan...

Ehehe..
Gw setuju banget ma pendapat anda yang bilang kalo hukuman itu harusnya menciptakan rasa bersalah pada sang 'terhukum'(alah..bahasa apa ini?)..

Lagian..bukan hak kita koq..nyabut2 nyawa orang seenaknya..mang kita Grim Reaper..

Lebih lagi, selain rasa bersalah..perlu juga adanya rasa jera..nah,,itu yang susah..kadang2 manusia itu aneh, si..Bilang itu salah tapi tetep aja dilakukan..

Well..saya sih,,manusia..^^'

Ten Ryu mengatakan...

...grim reaper? wekekeke... one scary guy...

Ten Ryu pikir kalo manusia itu bisa merasa jera, tapi gampang lupa; suka melarang, tapi gampang melanggar, dll. wekekekeke... manusia itu memang makhluk yang agak kontradiksi. ;p