Rabu, 22 Oktober 2008

Respect...

Banyak orang yang dididik untuk 'menghormati' orang yang lebih tua. lalu ada juga quote seseorang yang mengatakan 'meskipun saia lebih tua, saia hormat pada dia'. Mungkin bagi kebanyakan orang hal yang pertama dan kedua adalah hal yang biasa2 aja, tapi entah mengapa bagi Ten Ryu hal ini agak bersifat mendiskreditkan kaum muda. Ada yang salah dengan menghormati kaum muda tanpa syarat?? saia rasa tidak.

Is it because someone is older than us that he/she get the respect? Or is it because we HAVE to respect someone older? Well, for Ten Ryu, Respect and honor are earned, not a given providence because of position. With higher position, we think that we earn respect but in reality, we gain power to control others instead of respect. With power you may gain servant, but with respect you will gain follower.

Banyak orang yang merasa dirinya terhormat karena jabatan dan kekayaan mereka. Namun apakah orang2 di sekitarnya memberikan rasa hormat? Banyak di antara mereka yang memiliki bawahan yang menunggu kejatuhan mereka, yang bersiap untuk berbalik menyerang dia jika waktunya tiba. Like Ten Ryu who is aiming to destroy the university that make him see the unpleasant truth... externally... *senyum licik*

Should we give respect just because someone's older? Banyak dosen yang kurang ajar membuat perjanjian dengan mahasiswa dan baru datang atau mulai bicara pada mahasiswa tersebut beberapa jam kemudian padahal kaga melakukan hal penting waktu mahasiswa butuh tanda tangan notulen sidang (misalnya loh... tapi ada pengalaman temen sih yang kayak gitu...) padahal cumaperlu waktu kurang dari 10 detik untuk melihat dan ngasih tanda tangan. tapi dengan sok sibuk dan merasa waktunya paling mahal sedunia malah membuang waktu mahasiswa yang pastinya jauh lebih berharga daripada nungguin dosen ngasi tanda tangan (buat belajar gitu... enggak ya? wekekeke...).

Bottomline: Don't be proud because the power granted to you, proud when you gain respect for yourself. Eniwei, respect is something that is given by what you did (baca: diberikan sebagai hadiah atas tindakan) not who you are (baca: diberikan karena memang harus diberikan).

"Never judge people based on who they are, but what they do" -anonimous
"kalo presidennya dihormatin gara2 memang layak, kaga bakal ada yang ngobrol waktu dia pidato..." -Ten Ryu

Tidak ada komentar: