Senin, 01 September 2008

Edu-Anime

Pendidikan karakter memang tidak bisa dikatakan mudah. Pasalnya pendidikan ini akan menghasilkan sesuatu yang unik dan agak sulit dinilai untuk tiap individunya. Well, at least we should do what we can do. For Ten Ryu, Watching certain anime could teach several important character that each human have to possess to become a great one. Well here they are:

Anime #1: Naruto (non-shippuden)
karakter naruto di sini memperlihatkan semangat pantang menyerah untuk mencapai tujuan dan fokus pada jalan yang dijalani walau dalam segala keterbatasan yang dia miliki dan pandangan orang lain yang melihat dia seperti dia adalah monster (in this case the Kyubi no Youko).

Anime #2: The Law of Ueki
Karakter Ueki yang mengejar 'keadilan' bisa mengajarkan mengenai ketetapan hati dalam menjalankan prinsip untuk berbuat hal yang 'benar' tanpa melihat apakah tindakan itu merugikan diri sendiri atau tidak. Ketetapan hati untuk rela berkorban demi hal yang kita anggap benar... sounds cool, it can be an inspiration.

Anime #3: Rurouni Kenshin A.K.A. Samurai X
Mengajarkan bahwa konsekwensi dari masa lalu selalu ada namun kita bisa menebusnya dengan menjadi manusia yang lebih baik dan kesempatan ini akan terus ada selama kita hidup asal kita mau. Konsekwensi yang harus kita alami mungkin sangat berat tetapi jalan itu akan tetap ada selama kita mau berusaha keras.

Anime #4: GTO
Meskipun animenya agak gimana gituh... tapi anime ini mengajarkan bahwa memahami manusia lain itu sulit dan butuh proses untuk mengobati hati anak2 yang terluka. Menghargai orang2 yang ada di sekitar kita, tidak menyepelekan dan tetap melihat keberadaan mereka dan menyadari bahwa mereka semua hanyalah manusia yang bisa terluka oleh tindakan yang mungkin tidak bisa kita duga. juga keberanian untuk memberikan kepercayaan dan penghargaan kepada orang2 yang 'dibuang' oleh orang lain.

Anime #5: School Rumble...?
You can't be stupid and dumb at the same time. (Just kidding he...)

And so on. But in every anime, there are one thing that they always teach: Friendship and love. The most precious treasure in this whole wide world. Shouldn't parents give their child a little more time to learn character which can create future than just a number in a sheet of paper?

Tidak ada komentar: